PENDALAMAN MATERI PPG
(Lembar Kerja Resume Modul)
A. Nama :
B. Kelas :
C. Judul Modul : ILMU PENGETAHUAN ALAM
D. Judul KB : KB.1 MATERI DAN ENERGI
1. Peta Konsep (buat peta/bagan tentang konsep yg ada dalam setiap KB dalam Modul. Tuliskan penjelasan point –poin sangat penting (crucial points) yang merupakan refleksi dan intisari dari modul maksimal 2 paragraf). |
MATERI DAN ENERGI
èMateri adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruangan (mempunyai volume). èmateri di alam dapat dibagi menjadi tiga golongan, yaitu: unsur, senyawa dan campuran. èPerubahan fisika merupakan perubahan materi yang tidak disertai terjadinya zat baru, tidak berubah zat asalnya, hanya terjadi perubahan wujud, perubahan bentuk atau perubahan ukuran. èPerubahan kimia merupakan perubahan zat yang menyebabkan terbentuknya satu atau lebih zat baru. èPenyaringan sering kali digunakan untuk memisahkan zat-zat dalam campuran heterogen èPenyulingan atau juga disebut destilasi, digunakan untuk memisahkan zatzat dalam campuran homogen sehingga diperoleh zat murni, èKristalisasi digunakan untuk mendapatkan zat kristal murni dari campurannya èElektrolisis digunakan untuk memisahkan unsur-unsur dari senyawanya èKomposisi zat dalam campuran tidak selalu tetap èPersen massa digunakan untuk menyatakan jumlah massa tiap 100 satuan massa dalam campuran. èPersen volume digunakan untuk menyatakan jumlah volume tiap 100 satuan volume dalam campuran. èBagian per sejuta (bpj) atau part per million (ppm) biasa digunakan untuk kadar zat, di mana jumlah zat dalam campuran terlalu kecil. èEnergi merupakan sesuatu yang dapat melakukan kerja atau benda yang dapat melakukan kerja atau usaha èBentuk Bentuk Energi antara lain energy listrik,energy panas, energy cahaya, energy kinetic, Energi potensial, Bentuk perpindahan panas dapat melaui tiga cara, yaitu konduksi, konveksi dan radiasi. èPesawat sederhana adalah alat sederhana yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam melakukan kerja. Pesawat sederhana al: bidang miring, sekrup, tuas dan katrol. èGetaran pada benda merupakan gerak bolak balik melalui titik kesetimbangan. Sedangkan gelombang merupakan gerak merambat melalui medium tertentu dari satu titik ke titik yang lain èsifat-sifat cahaya : merambat lurus,dapat dipantulkan,dapat dibbiaskan, dapat di uraikan, èbunyi merupakan energi yang berasal dari sumber bunyi atau benda yang bergetar. è |
2. Daftar materi yang sulit dipahami (Tuliskan minimal 3 soal level HOTS, dengan menuliskan indikator soal sesuai kisi-kisi UP PPG 2021 dan menuliskan level soal [C4 atau C5 atau C6], betuk soal pilihan ganda dengan lima option (a.b,c,d, dan e) dan kunci jawabannya). |
Soal 1: KD : 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari IPK : 3.5.1 Mendeskripsikan manfaat energy matahari dalam kehidupan sehari-hari Materi : Energy Matahari Indikator soal : berdasarkan gambar yang di sajikan siswa dapat mendeskripsikan manfaat energy matahari dalam kehidupan sehari-hari
Level taksonomi: (tulis C1 atau C2 … atau C6 sesuai indikator soal) Soal:
BaApa saja yang di dapatkan manusia dari energy matahari … A. Untuk menjemur pakaian B. Untuk menjemur ikan asin C. Untuk mengubah panel surya menjadi energy listrik D. Untuk menjemur padi E. Senua jawaban benar Jawaban : E
|
Soal 2
KD : 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari IPK : menganalisis perubahan berbagai bentuk energy dalam kehidupan sehari- hari Materi : bentuk-bentuk energy beserta runus eergi potensial Indikator soal: disajikan angka siswa mampu menganalisis dan menyelesaikan rumus berbagai bentuk energy dalam kehidupan sehari -hari
Level taksonomi: C6 Soal: Suatu benda yang bermassa 0,075 kg yang
terlempar ke atas dengan ketinggian maksimum 1,4 m. Jika diketahui percepatan
gravitasi adalah 10 m/s2 maka besarnya energi potensial tersebut
adalah … Joule. B. 3,5 D. 0,05 E. 0,20
Jawaban : A
|
Soal 3
KD : 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari IPK : menganalisis perubahan berbagai bentuk energy dalam kehidupan sehari- hari Materi : bentuk-bentuk energy beserta runus energy kinetik Indikator soal: disajikan angka siswa mampu menganalisis dan menyelesaikan rumus berbagai bentuk energy dalam kehidupan sehari -hari
Level taksonomi: (tulis C1 atau C2 … atau C6 sesuai indikator soal) Soal:
Sebuah benda
bermassa 60 kg bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Besar energi kinetik benda
tersebut adalah …. joule.
Jawaban : D
|
Soal 4
KD : 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari IPK : mendeskripsikan perubahan bentuk energy dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari . Materi : perubhahan bentuk energy dan hemat energi Indikator soal: siswa mampu mendiskripsikan perubahan bentuk energy , menghemat energy dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
Level taksonomi: C4 Soal: Menghemat energi adalah perilaku yang sangat baik. Dengan menghemat energi akan membawa dampak positif bagi kehidupan. Berikut ini merupakan aksi penghematan energi yang dapat dilakukan di rumah. A. Mengocok dua butir telur dengan mixer untuk membuat telur dadar. B. Mencuci dua buah baju menggunakan mesin cuci. C. Menggunakan AC dengan jendela tertutup. D. Sering membuka dan menutup kulkas. E. menggunakan AC gengan jendela terbuka Jawaban : C
|
Soal 5
KD : 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. IPK : membadingkan berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. Materi : sumber energy dan perubahan energi Indikator soal: disajikan gambar siswa mampu membadingkan berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
Level taksonomi: (tulis C1 atau C2 … atau C6 sesuai indikator soal) Soal:
Perhatikan gambar perubahan energy di atas , yang merupakan perbahan energy listrik ke energy gerak adalah…. a. Kipas angin, kompor gas, blender b. Seterika, rics coker, bor listrik c. Kipas angina, blender, sepeda elektrik d. Soldier, blender, bor e. Kompor gas, bor, sepeda elektrik
Jawaban : C |
3. Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam Pembelajaran (Tuliskan materi yang sering saudara salah pahami secara konseptual (misconception). |
- Perubahan wujud missal dari padat ke gas atau sebaliknya perubhan wujud dari gas ke padat.(menyublim)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar